Oleh: sutikno | Januari 26, 2010

Kenapa idle bisa naik turun (rpm ngayun)???

Artikel ini kami tulis semata mata untuk berbagi pengalaman dan menjadi tempat untuk saling berbagi ilmu dan maaf jika gambar tidak sepenuhnya sesuai dengan alur cerita tapi kami berharap dengan adanya gambar tsb bisa menjadi garis besar prosedur perbaikan …

Banyak hal yang tanpa kita duga datang dari masalah otomotif khususnya bagi para pengguna dan yang bekerja di bidang otomotif, seperti dengan apa yang kami alami..

Cerita ini berawal ketika honda Accord Cielo datang ke bengkel kami dengan keluhan fan motor ketika on terasa berisik dan tidak nyaman didengar ,Kamipun langsung membuka kap mesin dan mengeceknya..

Ketika kami putar fan engine nya terasa kasar dan kami pun menguras sulur air radiator untuk dapat melepas rumah fan motor engine…dan ketika kami lepas fan engine ternyata bearingnya udah rusak dan aus..dan kamipun mecoba membuka fan motornya siapa tahu masih bisa di repair tapi ketika kita buka sudah terbakar dan kami pikir untuk memperbaikinya susah,Asumsi kita dengan ukuran bearing yang sangat kecil pasti jarang toko spare part yang menyediakan,Setelah itu kami menghubungi toko spare part dan ternyata menyediakan fan motor denso yang sesuai dengan aslinya..dan kami pun konsultasi dengan pemiliknya dan si pemilik deal untuk menggantinya..

Setalah kami membeli fan motor denso dengan harga Rp.285.000,00 kamipun memasangnya dan setelah semua terpasang sesuai prosedur,Kamipun menyalakan mesin ketika warming up mesin dalam keadaan normal sambil kita menambah air radiator selang beberapa menit tiba-tiba kami terkejut dari  kondisi mesin yang stabil kenapa tiba-tiba jadi idle nya naik turun…. ????

Pertanyaan besar buat kami dan kamipun langsung mematikan mesin dan berfikir sejenak….sambilmenunggu mesin kembali dingin,setelah dingin kami coba menghidupkan mesin,Pertama hidup idle stabil sambil kami coba bleeding air radiator supaya udara keluar dari mesin, Kami berasumsi  mungkin dari suhu yang tidak merata di dalam mesin karena masih ada udara sehingga sensor agak kacau untuk mendeteksi suhu mesin…

Tapi ternyata usaha kita belum bisa mengatasi idle yang naik turun..akhirnya kami matikan mesin danselanjutnya mengecek jalur di trootle body
dengan melepas jalur filter udara

Kami mencoba menghidupkan mesin dan kami mencoba mengecek jalur udara dan ketika kami mencoba menutup jalur  PVC (Positive Crankshaft Ventilation) dengan menggunakan ibu jari dan ternyata idle mesin kembali normal….

Kamipun langsung memutar otak…dan kamipun langsung mengarah ke masalah pasokan udara dan bahan bakar dengan logika ketika kami menutup jalur PVC otomatis udara yang masuk ke mesin akan berkurang

Mulailah kami mengecek jalur- jalur udara dan melakukan penyetelan dengan berpedoman pada manual service…

Sesuai dengan prosedur manual service di atas kami pun langsung melakukan penyetelan..pertama mata kami langsug tertuju pada Idle Adjusting Screw kami melihat setelan tersebut terlalu longgar sehingga berpengaruh pada pasokan udara yang terlampau banyak masuk kedalam intake manifold ketika mesin idle kami melihat kondisi valve trootle yang bagus dan setelan  sudah mentok untuk dapat menurunkan idlenya,kamipun menyetel Idle Adjusting Screw untuk memperkecil aliran udara yang masuk ketika idle,dan ternyata usaha kami berhasil berangsur idle kembali normal dan jarum RPM kembali statis tidak naik turun lagi sambil  kami menyeprotkan cairan cleaner kedalam trootle boby sambil di akselerasi sehingga kotoran bisa lutur dan terbuang …

Setelah idle normal kami langsung menyetel idle rpm agar lebih rendah sesuai spesifikasi…setelah mormal kami mencoba menambahkan beban idle dengan menyalakan A/C dan setelah kita amati dan masih normal kami lanjutkan  memantau kerja fan radiator dengan suhu kerja mesin ….

Setelah pengecekan selesai kami pun memasang kembali line filter udara ke trootle body….dan melanjutkan Test Drive…….Goooooo!!!!!!!!

Akhirnya kami pun senang dan hati yang lega dengan mesin yang kembali normal dan performa yang  bagus…


Responses

  1. Anda luar biasa, teruslah menulis !!
    http://mobil88.wordpress.com

    • Terima kasih Pak… Saya juga lagi belajar ngeblog dan biar bisa berbagi pengalaman dan ilmu…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: